BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Fisika berasal dari
bahasa yunani yang berarti alam, karena itu fisika adalah ilmu pengetahuan yang
mempelajari benda-benda di alam, gejala-gejala alam, kejadian-kejadian alam,
serta interaksi antara benda-benda tersebut. Gejala-gejala ini pada mulanya
adalah apa yang di alami oleh indra kita, misalnya penglihatan, sehingga
menemukan optika dan cahaya, pendengaran menemukan bunyi, dan indra perasa
menemukan panas. Sejarah Fisika di awali dari periode massa Yunani Kuno.Yunani
kuno sangat identik dengan filsafat. Ketika kata Yunani disebutkan, maka yang
terbesit di pikiran para peminat kajian keilmuan bisa dipastikan adalah
filsafat. Padahal filsafat dalam pengertian yang sederhana sudah ada jauh
sebelum para filosof klasik Yunani menekuni dan mengembangkannya. Filsafat di
tangan mereka menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi perkembangan ilmu
pengetahuan pada generasi-generasi setelahnya. Ia ibarat pembuka pintu-pintu
aneka ragam disiplin ilmu yang pengaruhnya terasa hingga sekarang.Sehingga
wajar saja bila generasi-generasi setelahnya merasa berhutang budi padanya,
termasuk juga umat Islam pada abad pertengahan masehi bahkan hingga sekarang.
Tanpa mengkaji dan mengembangkan warisan filsafat Yunani rasanya sulit bagi
umat Islam kala itu merengkuh zaman keemasannya. Begitu juga orang Barat tanpa
mengkaji pengembangan filsafat.Yunani yang dikembangkan oleh umat Islam rasanya
sulit bagi mereka membangun kembali peradaban mereka yang pernah mengalami
masa-masa kegelapan menjadi sangat maju dan mengungguli peradaban-peradaban
besar lainnya seperti sekarang ini.Peradaban merupakan istilah deskriptif yang
relative dan kompleks untuk pertanian dan budaya kota. Peradaban dapat
dibedakan dari budaya lain oleh kompleksitas dan organisasi social dan beragam
kegiatan ekonomi dan budaya. Peradaban dapat berarti perbaikan pemikiran, tata
krama, atau rasa. Dalam konteks luas peradaban digunakan untuk merujuk pada
seluruh atau tingkat pencapaian manusia dan penyebarannya ( peradaban manusia
atau peradaban global ).
Dengan kata lain
peradaban merupakan sebuah upaya manusia untuk memakmurkan dirinya dan
kehidupannya. Maka, dalam sebuah peradaban pasti tidak akan dilepaskan dari
tiga factor yang menjadi tonggak berdirinya sebuah peradaban. Ketiga factor
tersebut adalah system pemerintahan, system ekonomi, dan IPTEK.Demikian halnya
dengan perkembangan sejarah fisika, konsep fisika yang sampai saat ini telah
banyak dipergunakan dan berkembang sangat luas ini merupakan pengaruh dari hasil
pemikiran para ilmuan Yunani dalam menyempurnakan studi fisika. Ada beberapa
tokoh yang sangat berperan dalam membangun fondasi fisika diantaranya
Pythagoras, Euclid, Democritus, Archimedes, Aristoteles, Aristarcus dan masih
banyak tokoh lainnya yang juga ikut berperan dalam membangun studi fisika.
B. Rumusan
Masalah
1.
Apa saja sumbangan Cina terhadap perkembangan
fisika?
2.
Bagaimana
perkembangan astronomi cina?
3.
Apa
saja sumbangan India terhadap perkembangan fisika?
4.
Bagaimana
Perkembangan Fisika Periode Klasik Di India?
C. Tujuan
1.
Mengetahui
sumbangan Cina terhadap perkembangan fisika
2.
Mengetahui
perkembangan astronomi Cina dalam fisika
3.
Mengetahui
sumbangan India terhadap perkembangan fisika
4.
Mengetahui
Perkembangan Fisika Periode Klasik Di India
D.
BAB II
PEMBAHASAN
A.Pendahuluan
Peradaban
cina dan india adalah peradaban yang tertua di dunia.Peradaban Cina dan India
dimulai pada abad ke 7 SM sampai abad ke 2 M dan pada abad itu Cina Dan India
mencapai masa keemasannya.Hal ini ditandai dengan munculnya Konfusianisme
dan Taoisme
di Cina serta Budhisme di India
Peradaban Cina
pendekatan di usia itu dari Mesir atau Babilonia, tetapi Cina adalah
terisolasi, dan tidak memiliki kontak awal dengan negara-negara. Ada legenda
mulai kembali ke beberapa waktu seperti 2700 SM, tetapi catatan sejarah hanya
muncul sekitar tahun 2000. Baik tembikar dan perunggu kapal ditemukan di usia
dinasti Shang, 1750-1 125, dan senjata besi pertama kali digunakan sekitar
500 SM, kemudian daripada di Eropa
Dengan 100 SM perdagangan telah didirikan dengan Persia
dan negara-negara lain. Budaya mencapai tingkat tinggi di bawah dinasti Chou
(katakanlah noo 250), dengan seni praktis seperti pertanian dan irigasi tanah.
Agama yang paling awal, Taoisme, itu erat dicampur dengan magic.Confucius pada
abad keenam sebelum Masehi memperkenalkan iman yang lebih murni, dan mendirikan
Academy, di mana kelas sastra dipisahkan dari imam. Ajaran Buddha mencapai Cina
pada Masehi 64.Di kemudian Cina memiliki
penemuan kertas, dan penemuan
magnet dengan penggunaannya di kompas. Budaya India tampaknya telah dimulai di
lembah Indus, di milenium ketiga sebelum Kristus. Orang-orang berkulit gelap
asli dicampur di utara India oleh serbuan penjajah Arya, yang terkesan bahasa
dan peradaban mereka pada mantan penduduk. Sebuah notasi desimal sudah
digunakan, dan, pada abad ketiga, skema angka kami mempekerjakan-hari
diciptakan; meskipun mencapai kita melalui orang-orang Arab, dan dikenal keliru
sebagai Arab. Dalam filsafat etika, Buddha (560-480 SM) adalah unggulan, dan
sekolah kedokteran dengan dokter terkenal telah didirikan pada masanya.
Sebuah teori atom
primitif dirumuskan atau dipinjam dari Yunani, dan, abad atau lebih sebelum
Kristus, ide diskontinuitas diperpanjang ke waktu. Semuanya ada tapi sejenak,
dan di saat berikutnya digantikan oleh faksimili; tubuh hanyalah serangkaian
waktu eksistensi sesaat adalah atomic.Crete dan Mycenae. Peradaban awal
Mediterania Timur paling dikenal kepada kami oleh penelitian dimulai oleh Sir
Arthur Evans di Cnossus di Crete, tempat kelahiran dan kepala rumah dari apa
yang sekarang disebut Minoan Budaya, dari Minos, raja legendaris Crete.
permulaannya, Awal Minoan, tampaknya kontemporer dengan dinasti I sampai VI di
Mesir; Tengah Minoan dengan dinasti XII, sementara Minoan Akhir sesuai dengan
dinasti XVIII, dan dapat tanggal 1600-1400 SM Ada tampaknya telah melakukan
hubungan konstan dalam perdagangan dan sebaliknya antara kedua negara.
Script Kreta adalah
seperti, tapi tidak identik dengan, bahwa Mesir; karakter bergambar awal datang
untuk memiliki makna fonetik ketika kami pertama kali menemukan mereka; mereka
masih undeciphered, tapi kami memiliki banyak informasi dari sumber lain. Ada
sisa-sisa jalan terampil rekayasa melintasi gunung melewati; ilmu terapan di
istana mekanik, hidrolik dan sanitasi; dekorasi mural dengan gambar yang
menunjukkan kostum (beberapa layak Paris modern), senjata dan baju besi, dan
kereta ringan ditarik oleh horses.The Palace di Cnossus dihancurkan oleh
gangguan sipil atau musuh asing sekitar 1400 SM Perlu dicatat bahwa, pada agak
saat yang sama, Mesir diserang oleh perampok laut ditanggung, yang menyerupai
dalam banyak hal penjajah Achaean Yunani.
B. Sumbangan Cina terhadap
perkembangan Fisika
Pepatah
“Kejarlah ilmu hingga ke Negeri Cina” dimana pepatah ini agak mengusik
pemikiran kita karena dari pepatah tersebut Cina seolah digambarkan sebagai
suatu generasi sebagai tujuan bagi penimba ilmu atau pusat perkembangan ilmu.
C.Beberapa Ilmu Pengetahuan
1. Kitab
Yi Jing
Pada
awal nya Kitab Yi Jing pada dinasti Zhou
memiliki nama lain yaitu kitab Zhou Yi namun seiring berkembangnya zaman
dan perubahan waktu akhirnya kitab tersebut mengalami perubahan nama yang
popular disebut sebagai kitab Yi Jing dimana
kitab ini memuat pelajaran tentang metafisiska perubahan.Kitab ini
diperkenalkan oleh Raja Fu Xi (2953-2838 SM ) bertutur tentang Hakekat
Perubahan,baik perubahan fenomena alam semesta atau perubahan kehidupan
Manusia.Dimana dasar pemikiran Raja Fu Xi yaitu “sesuatu yang pasti tidak ada yang tidak berubah”.dimana yang berarti
semua berderap dalam proses perubahan tiada yang luput dari perubahan dan tiada
yang akan berubah.
Konsep
perubahan dalam I ching atau kitab Yi Jing yang melalui pemikiran Fu Xi
“Hakekat
perubahan meliputi fenomenal factual berupa pemahaman bahwa semua yang
terkondisikan pasti akan mengalami perubahan.Tidak ada yang kekal sekalipun
benda mati.
Ada Dua Aliran I ching atau kitab
Yi Jing
·
Taoist atau symbol dan number school
Aliran ini mementingkan
kalkulasi garis dan hubungan antar garis serta numerology dan fenomena yang
diwakili oleh symbol tersebut.
·
Konfusius atau Moral dan reason school
Aliran yang berisi petunjuk
pengelolahan Negara,sikap penjabat,strategi bertempur samapi aturan-aturan yang
harus dilakukan sebagai rakyat
Symbol kehidupan yang dipergunakan
yang tertuang dalam I ching atau Yu Jing
a) Wu
Chi
Diartikan sebagai alam
Suwung yang artinya keadaan kosong yang hampa,yang melambangkan tentang alam
semesta yang bermula dari suatu keadaan kosong yang belum ada apapun didalamnya
atau sesuatu yang tak terjangkau akal pikiran.Dengan symbol Lingkaran yang kosong
b) Tai
Chi
Diartikan sebagai maha
kutub yang emnggambarkan tentang suatu kondisi bahwa kehampaan atau kekosongan
yang mengawali konsep kehidupan sebagaimana disimbolkan diatas yang ternyata
berporos pada pada suatu titik pusat/maha ktub kutub(pusat kegaiban semesta)
yang kemudian menjadi sumber penggerak bagi semua fenomena tang ada dialam
semesta ini bagi segala proses perubahan atau pertumbuhan atau dinamika yang
ada di jagad raya atau disebut Hukum
alam
Dengan syombol Lingkaran kosong dengan satu titik hitam di
pusatnya
c) Yin
Yang
Penggambaran tentang
adanya kondisi yang saling antagonis.Ada gelap dan terang ada dingin ada panas
ada buruk dan baik dan lain-lain yang disebut sebagai Hukum Positif dan Negatif. Dengan Symbol lingkaran dengan kombinasi hitam putih dan dua mata yang juga hitam
putih dengan komposisi yang saling simetris(Lambang Tao)
d) Wu
Xing
Diartikan sebagai lima
elemen ,Kayu,api,tanah,logam,dan air
Kayu
menggambarkan
warna hijau yaitu cinta kasih,lever,musim semi,sifat yang kaku
Api
menggambarkan warna merah yaitu kesusilaan,jantung,dan musim panas,sifat
pemarah
Tanah
menggambarkan warna kuning yaitu kejujuran,lympha dan lambung,musim pancaroba
sifat yang malas
Logam
yang mencerminkan warna putih yaitu perikebajikian ,paru-paru,musi gugr ,sifat
yang egois,
Air
sebagai gamabaran dari warna hitam yaitu rendah hati,ginjal,musim dingin ,sifat
yang liar
e) Ba
Gua/Pat Kwa
Yaitu delapan trigram
yang digambarkan sebagai kompilasi dari perpaduan garis utuh (yang/postif) dan
garis putus(jin/negative).Tiap trigram menggambarkan tentang
langit-bumi,gunung-danau,api-air,dan petir-angin.Dimana
Langit-bumi
sebagai ayah dan ibu serta sesuatu yang aktif dan pasif
Air-api
sebagai putri tengah dan putra tengah yang berkondisi yang panas dan dingin
Gunung-danau
sebagai putra bungsu dan putrid bungsu serta sifat yang tinggi hati dan rendah
hati
Petir-angin
sebagai lambang putra sulung dan putrid sulung serta sifat kegalauan dan
kedamaian
2. Fisikawan
Cina
·
Tsung
Dao Lee
Lahir dishanghai Cina pada tanggal 24 November 1926
dari pasangan Tsing Kong Lee seorang pebisnis dan Min Chang Chang.Lee sekolah
menengah Kiangsi,Kanchow dan lulus pada tahun 1943 kemudian masuk Universitas
Chekiang di Provinsi Kweichow
Lee dan Yang mengemukakan
bahwa paritas tidak kekal dalam proses elektro lemah(electroweak) artinya jika
suatu system dicerminkan kiri menjadi kana atas menjadi bawah depan menjadi
belakangan hasilnya adalah berupa suau system baru yang berbeda dengan sisttem
semula.Lee memiliki riset yang lain seperti teori medan,astrifisika,turbukensi
dan superkonduktivitas suhu tinggi.
·
Yang
Chen Ning
Dilahirkan di hefei
cina,Anhui pada tanggal 1 oktober 1922 tetapi berkebangsaan AS.Ayahmya bernama
Ko chuan adalah seorang matematikawan dan ibunya bernama Luo Menghua adalah
seorang ibu rumah tangga.Ia menerima gelar sarjana pada tahun 1942 tesis yang mengenai
aplikasi teori grup spectrum molekuler.Dia kemudian terpilih menjadi fellow
dari American physical society.
·
Daniel
Chee Chui
Daniel Chee Tsui
bersama Robert Lughin tahun 1998 diumumkan sebagai pemenang nobel
fisika.Kehebatan dua fisikawan ini tak lepas
dari keuletannya sebagai eksperimentalis fenomena material baru electron yaitu
pembuatan chip computer.Pada tahun 1968 Tsi bekerja di Bell Laboratories new
jersey sebagai peneliti dalam bidang
fisika zat padat.Dengan fasilitas yang lengkap.Tsui mencoba mngekspor
sifat-sifat electron dan ia menemukan banyak sifat-sifat baru electron yang
mampu membuka suatu bidang baru dalam fisika dan menstimulasi banayk
terobosan-terobosan fisika teori dan eksperimen yang dapat diaplikasikan ke
bidang selain fisika.Bekerja bersama-sama dengan Horst Stormer ,Tsui mengembangkan
material baru dimana electron dapat bergerak dipermukaanya tanpa gesekan yang
kini digunakan pembuatan chi-chip computer yang merupakan peralatan utama diera
teknologi canggih ini.Semboyan Daniel Chee Chui yang terkenal adalah the
only meaningful life is a life of learning.What better way is there to learn
than through teaching yang artinya satu-satunya kehidupan yang bermakna adalah belajar
hidup ada cara yang lebih
baik untuk belajar dari ajaran
D. Astronomi Cina
Sebagai salah satu ilmu pengetahuan tertua
dalam peradaban manusia. Astronomi kerap di juluki sebagai ”ratu fisika”.Masyarakat
Cina kuno 4000 SM sudah mengenal astronomi .Awalnya astronomi di cina di
gunakan untuk mengukur waktu .orang cina menggunakan kalender uni solar . Namun
,karena perputaran matahari dan bulan berbeda, para ahli astronomi cina sering menyiapkan
kalender baru dan membuat observasi.Rasi bintang cina merupakan cara dari bangsa
cina dalam mengelompokkan bintang-bintang. Para pengamat pada masa cina kuno mengelompokkan
bintang-bintang kedalam 31 area , disebut tiga batasan ( three enclosures, san
yuan ) dan Dua Puluh Delapan Rumah Besar ( Twenty – Eight Mansions , ErshibaXiu
)
1. Tiga
Batasan
Tiga batasan ini terdiri dari:
Ø Batasan
ungu yang Terlarang( purple forbidden enclosure , Zi Wei Yuan )
Batasan
ini mencakup sebagian besar bagian utara area di langit .pandangan orang pada masa cina kuno batasan ungu
yang terlarang berada di area tengah langit dan di kelilingi oleh bintang-bintang
lainnya
Ø Batasan
istana sang tertinggi ( supreme palace enclosure , Tan Wei Yuan )
Batasan
Istana Sang Tertinggi terletak di timur dan utara batasan ungu yang terlarang .
Ø Batasan
pasar di langit ( heavently Market Enclosure , Tian Shi Yuan )
Batasan
Pasar Dilangit terletah di barat dan selatannya
.
2. Belenggu
Budaya Cina
Banyak teknologi yang nampaknya muncul di cina ,
diantaranya adalah tembikar yang sangat halus ( abadke – 7 ) , kertas ( abad ke
– 2 ) dengan percetakan ( di kembangkan sejak abad ke – 9 sampai abad ke - 15 )
, magnet untuk menuntun pelayaran di tengah laut ( abadke – 11 ) mesiu ( abadke – 7 ) dan penerapannya kedalam
senapan ( abad ke – 13), serta meriam besi ( abad ke – 14 ) . Walaupun begitu kebudayaan
cina tidak pernah menilai tinggi pekerjaan tangan ,sehingga tidak pernah terjadi
gagasan antara cendikiawan dengan insinyur .
Para ahli di Cina sudah membuat pengamatan terhadap langit
malam dengan teliti. Gerhana misalnya ,sudah mulai di catat pada 1500 SM , dan kehadiran
komet sudah di tulis pada 700 SM . syisen ( sekitar 350 SM ) telah memetakan lebih
dari pada 800 bintang. Pada 336 SM Hu His menemukan gejala‘ presesiekuinox ‘
hasil pengamatan langit oleh ahli falak Cina di tuangkan dalam bentuk aljabar .
Para pengamat di cina pada umumnya kurang berpengalaman dan di pandang sebelah mata
oleh para filsuf. Itulah sebabnya mereka tidak sampai mengembangkan sebentuk gambaran
mengenai struktur alam berdasarkan pengamatan empiris.
3. Mohis
danTaois :Layu Sebelum Berkembang .
Kesenjangan antara para cendikiawan dengan para
tukang dan pengamat menyebabkan ilmu di
cina tidak berkembang . Ada dua kelompok yaitu mohis dan taois yang menempati kesenjangan
ini. Kalau mohisa adalah pengikut Mo Ti selama priode” negeri berperang“ (
Warring state , 480 – 221 SM ) . mereka termasyur sebagai juru damai dan ksatria.
Kaum Mohis pernah membuat percobaan dengan cermin datar dan lengkung dan juga percobaan
dengan katrol .
Pada masa Wangsa Han ( 202 – 220 SM
) muncul aliran taois mereka banyak membuat percobaan ahli kimia. Upaya itu di
dorong oleh filosofi mereka tentang dua gaya yaitu yin ( mewakili asas perempuan
, gelap dingin ,dan sebagainya. Mereka percaya pada lima unsur air ,api kayu
,logam dan tanah .
Sejarawan Neddam berpendapat bahwa mohis(
dengan logikanya) dan aliran taois (
dengan pendekatannya kealam semesta yang terbuka.
4. Budaya
Menghambat Ilmu
Mengapa
kebudayaan cina tidak membuatkan ilmu modern ?salah satu sebab bisa jadi adalah
pola berfikir mereka yang lebih organis. Mereka ingin melihat hubungan yang
serba hidup dan selalu berubah . mereka lebih menghargai sifat ( kualitas )
dari pada besaran ( kuantitas ) . mungkin karena tidak percaya terhadap satu khlik
langit dan bumi . maka mereka tidak menganut keyakinan bahwa hanya satu hukum alam
yang mengatur segala sesuatu.
E.
Sumbangan India Terhadap Perkembangan Fisika
Di
india ,sejak abad ke 7 SM telah mulai berkembang peradaban di india termasuk Peradaban
tentang ilmu pengetahuan. Perkembangan fisika klasik di india pada periode klasik
sifatnya masih tidak terlalu signifikan, karena belum adanya konsepdasar modern
yang di butuhkan untuk membangun dan mengembangkan ilmu fisika itu sendiri sebelum
di terbitkannya principia oleh newton pada tahun 1687 ,misalnya tidak ada pengertian
yang memadai mengenai gravitasi.
Perkembangan
fisika di india tidak hanya berlangsung 1 sampai 2 abad saja .tetapi slalu berkembang
dalam masa ke masa. Perkembangan fisikater bagi atas perkembangan fisika periode
klasik dan modern
F.
Perkembangan Fisika Periode Klasik Di India
Perkembangan
fisika klasik di ini dapat di bagimenjadi 2 periode ,yaitu periode lama Dan periode
pertengahan .
Ø PERIODE LAMA
Bukti
sudah di gunakannya bilangan-bilangan besar ,misalnya dalam Manuskrip yajur vedasamitha
( 1200 – 900 ) telah tertera bilangan dalam ordegiga ( 1012).
1. Baudhayana(
800 SM )
Baudhayana
adalah seorang matematikawan india. Dia tercatat sebagai penulis paling awal sulba
sutra lampiran keveda memberikan aturan untuk pembangunan altar – disebut sulba
sutra.Bauthayana , yang berisi beberapa hasil penting matematika . Baudhayana juga
menyatakan bahwa jika a dan b adalah kedua belah pihak dan c menjadi miring,
sehingga ‘a’ habis di bagi 4 ( seperti dalam semua kembar tiga pythogorean salah
satu atas dua sisi pendek habis di bagi 4 ).sekarang , c = ( a – a / 8 ) = b /
2 , metode ini membuat kami mengatasi tanpa menggunakan kuadrat dan akar kuadrat.
Jika ini mengacu pada sebuah persegi panjang itu adalah pernyataan paling awal tercatat
dari teorema Pythagoras.
2. Arjabatta( 476 – 535 )
Arjabatta
atau Aryabhata adalah matematikawan paling awal dari india .dia tokoh yang pertama kali menggunakan aljabar. Dia membuat
aturan dalam berhitung dan menulis tentang persamaan tak tentu dengan penerapan
fraksi- metode yang di gunakan hari ini. Sebagai astronom arjabatta menemukan rotasi
bumi dan menjelaskan alas an tentang gerhana matahari dan bulan .Arjabatta juga
mengaprokasinilai
(( 4 + 100 )
/ 20000 = 62832 / 20000 = 3.1416


3. Brahmagupta( 598 – 670 )
Brahmagupta
adalah astronom india kuno yang paling berhasil .Brahmagupta. Memperkenalkan aturan
untuk perhitungan dengan nol menulis persamaan tentang kuadrat , dan ia menulis
sebuah table untuk perhitungan sinus. Dia juga menemukan teori tentang gerhana bulan,
konjungsi planet dan penentuan posisi planet-planet.
Ø PERIODE PERTENGAHAN
I.
Penemuan proses pengolahan berlian di kerajaan Golkonda
( 1364 – 1521 ) , yaitu 11 km barat laut Hyderabad
II.
Penemuan konsep bilangan binary oleh pingala
,mendahului Leibniz . Selain itu juga telah mengenalisis segitiga pascal dan koefisien
Binomial.
III.
Ditemukan solusi integral untuk persamaan
pell ( pell’s Equation) oleh Brahmagupta ( 598 – 668 )
1. Bhaskara
(1114 – 1185 )
Bhaskara
adalah seorang matematikawan dan astronom india.ia lahir di BijjadaBida dalam Keluarga
Deshastha Brahmin. Beliau seorang kepala observatorium di Ujjain, pusat matematika
india kuno. Ia tinggal di wilayah sahyadri .Dia juga memberikan kontribusi yang
penting terhadap ilmu matematika dan astronomi abad ke – 12 .karya utamanya adalah
lilavati( mengenai aritmetika ), Bijaganita ( al- jabar ) , dan siddhanta Grahaganita
( matematika planet – planet ) .
2. Sir
Chandrasekhara Venkata Raman , FRS ( 1888 – 1970 )
Sir
Chandrasekhara Venkata Raman adalah salah satu penerima penghargaan paling prestisius
dan berkali berinternasional . Raman dilahirkan pada tanggal 7 november 1888 di
Trichinopoly ,daerah pemerintahan madras , india. Kegemarannya melakukan riset sudah
ia perlihatkan sejak masih kuliah .cabang ilmu fisika yang menarik pehatiannya
. adalah akustik dan optic . Bersama dengan M sahadan SN Bose . Raman membangun
pusat penelitian sains di Calcutta .hasilnya terciptalah sederetan kontribusi penting
dalam bidang gelombang dan bunyi , konsep getaran alat-alat music ,difraksi cahaya
oleh gelombang akustik baik yang ultra sonic maupun hipersonik , sifat optic
koloid , difraksi sinar x , dan spektroskopi Raman. Pada tahun1925 setelah penemuan
efek Compton untuk sinar x , Heisenberg
memprediksi adanya efek yang sama untuk cahaya tampak. Pada saat bersamaan raman
sedang meneliti hamburan cahaya.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
1. Peradaban
Cina dan India dimulai pada abad ke 7 SM sampai abad ke 2 M dan pada abad itu
Cina Dan India mencapai masa keemasannya.Hal ini ditandai dengan munculnya Konfusianisme
dan Taoisme
di Cina serta Budhisme di India
2. Sumbangan
Cina terhadap perkembangan Fisika melalui Pepatah “Kejarlah ilmu hingga ke
Negeri Cina” dimana pepatah ini agak mengusik pemikiran kita karena dari
pepatah tersebut Cina seolah digambarkan sebagai suatu generasi sebagai tujuan
bagi penimba ilmu atau pusat perkembangan ilmu.
3. Perkembangan
fisika klasik di ini dapat di bagimenjadi 2 periode ,yaitu periode lama Dan
periode pertengahan .
4. Di
india ,sejak abad ke 7 SM telah mulai berkembang peradaban di india termasuk
Peradaban tentang ilmu pengetahuan. Perkembangan fisika klasik di india pada
periode klasik sifatnya masih tidak terlalu signifikan, karena belum adanya
konsepdasar modern yang di butuhkan untuk membangun dan mengembangkan ilmu
fisika itu sendiri sebelum di terbitkannya principia oleh newton pada tahun
1687 ,misalnya tidak ada pengertian yang memadai mengenai gravitasi.
DAFTAR
PUSTAKA
Dampire,W.C.1984.A
History of Science.New York: Cambridge Universitas Press.
Manurung,Sondang.Sejarah
Fisika.Medan:Universitas Negeri Medan